Ruang Lingkup Akuntansi Manajemen sebagai Informasiakuntansi manajemen
adalah proses pengidentifikasi, mengukur dan melaporkan informasi
ekonomi/keuangan, untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas
dan tegas bagi manajemen yang menggunakan informasi tersebut di mana titik
sentralnya untuk pihak-pihak di dalam organisasi/perusahaan.
contoh :
· kalkulasi biaya
produk.
· kalkulasi biaya suatu
aktivitas.
· kalkulasi biaya suatu
department.
Sistem Pelaporan Dengan
Umpan Balik
= umumnya personil non akuntansi.
= umumnya personil akuntansi.
= pengawasan bagian akuntansi.
Fungsi Akuntansi Dalam Organisasi
dipandang dari tugas, fungsi-fungsi yang ada dalam organisasi dibagi dua
kelompok, yaitu :
1.
fungsi garis (link manager)
adalah para
pejabat/pegawai atau bagian tertentu dalam suatu organisasi yang mempunyai
tugas langsung berhubungan dengan pencapaian tujuan organisasi/perusahaan.
contoh :
para manajemen lini
seperti :
· manajer produksi
sedan.
· manajer prtoduksi
motor
· manajer produksi bus
2. Fungsi Staf
adalah pegawai atau
bagian yang mempunyai tugas tidak langsung dalam mencapai tujuan
organisasi/perusahaan, lebih menekankan pemberian jasa konsultasi, pelayanan
dan informasi kepada staf fungsi garis.
contoh :
eksekutif
yang mengurus hubungan dengan pemerintah
Ruang Lingkup Manajemen
1. organisasi dan tujuan organisasi
organisasi adalah sekelompok orang yang bekerja bersama-sama untuk mencapai
tujuan.
contoh :
§ panitia 17 agustus
§ organisasi lembaga swadaya masyarakat
§ pt indofood
§ departemen keuangan
2. Strategi
adalah
pemilihan alternatif untuk mencapai tujuan bagi perusahaan. satu set strategi
yang perlu dijalankan bagi organisasi yang bertujuan mendapatkan laba, yaitu :
a.
memilih
produk/jasa apa yang hendak dijual.
b.
bagaimana
membuat produk/jasa.
c.
bagaimana
memasarkannya.
3. Struktur Organisasi
adalah
gambar tentang kelompok-kelompok kerja atau tempat-tempat pimpinan. serta penjelasan
mengenai tugas, tanggung jawab dan wewenang.
Fungsi Manajemen
1. Planning
adalah
keputusan tentang apa yang akan dilaksanakan di masa yang akan datang untuk
membantu perusahaan dalam mencapai tujuan.
2. Coordinating
adalah
koordinasi dalam melaksanakan planning/perencanaan yang telah ditetapkan,
supaya bisa berjalan seperti yang diharapkan.
3. Directing
adalah
pengawasan dari pelaksanaan planning pada saat planning tersebut dijalankan, di
sini termasuk pengarahan dari orang-orang yang menjalankan planning tersebut
4. Controlling
adalah
pengawasan dari hasil pelaksanaan planning yang biasanya dijalankan dengan
membandingkan antara planning dengan pelaksanaan sesungguhnya.
Jenis-Jenis Informasi Akuntansi
Serta Perbedaan Akuntansi Manajemen
Dan Akuntansi Keuangan
Jenis-Jenis Informasi Dalam Perusahaan
Informasi
adalah
hasil/output pengolahan data yang terorganisir dan berguna bagi orang yang
menerimanya.
keterangan
:
informasi kualitatif
contoh : telah dibangun realestate disebelah selatan jakarta
informasi kuantitatif
contoh :telah dibangun 30.000 unit
rumah di sebelah timur jakarta
informasi akuntansi
contoh :keuntungan setelah pajak pt wanodya rp.200 milyar
informasi non akuntansi
contoh : 400 orang karyawan pt tata keracunan makanan
informasi operasi
contoh : jumlah bahan baku yang digunakan 200 lembar kayu lapis
informasi laporan keuangan
contoh : neraca , rugi laba, laporan laba ditahan, laporan arus kas dll.
informasi akuntansi manajemen
contoh : anggaran, laporan biaya produksi, laporan pendukung
pemilihan alternatif.
Jenis-Jenis Informasi Akuntansi Untuk Manajemen
1. Akuntansi Biaya Penuh (Full Cost Accounting)
ialah
jumlah seluruh biaya langsung yang berkenaan dengan item tersebut ditambah
bagian yang layak dibebankan pada item tersebut dari biaya tidak langsung.
full
cost bisa berbentuk : :
- biaya produksi berdasarkan full costing + biaya pemasaranl + biaya administrasi
- biaya produksi berdasarkan variable costing + biaya pemasaran variabel + biaya administrasi variabel + biaya ohp tetap + biaya pemasaran tetap + biaya administrasi tetap.
- unit level activity cost + batch level activity cost + product level aktivity cost + facility level activity cost
2. Akuntansi Biaya Diferensial (Differensial Accounting)
ialah
informasi keuangan yang akan digunakan dalam membantu untuk menentukan
alternatif mana yang dipilih, dimana biaya-biaya yang berbeda antara satu set
kondisi/alternatif yang satu dengan kondisi yang lain dan merupakan biaya yang
akan datang
contoh :
·
informasi-informasi
yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan membeli atau membuat
·
informasi
yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan menjual atau memproses lebih lanjut
3. Akuntansi
Pertanggung Jawaban (Responsibility
Accounting)
ialah informasi
keuangan dengan tujuan untuk pengendalian biaya, dimana setiap pusat
pertanggungjawaban yang dipimpin seorang manajer (pimpinan) bertanggung jawab
atas pelaksanaan perencanaan yang telah dibuat.
contoh :
·
informasi
menganai jumlah biay yang telah dikeluarkan dari suatu departemen/divisi
·
informasi
mengani kentungan yang diperoleh kantor cabang di jakarta
Perbedaan
Akuntansi Manajemen Dengan Akuntansi Keuangan
1.
Tidak mempunyai struktur (formula) tunggal.
2.
Tidak diatur oleh prinsip akuntansi yang diterima umum
3.
Lebih bebas penyajiannya
4.
Termasuk informasi non keuangan.
5.
Lebih ditekankan untuk masa yang akan datang.
6.
Memperhatikan bagian-bagian lebih penting dari keseluruhan.
7.
Kurang menekankan pada kepastian.
8.
Bukan penilaian terakhir.
:
Jenis-Jenis Laporan Akuntansi
1.
Laporan untuk manajemen.
2.
Laporan untuk perhitungan pajak.
3.
Laporan khusus
4.
Laporan keuangan yang diaudit.
Referensi: wikipedia, Akuntansi Manajemen
ea,, sama2 bro..salam knal balik..:)
BalasHapus